Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!

Cara Menghilangkan Notifikasi System Update di MIUI

No comments

Cara Menghilangkan Notifikasi System Update di MIUI

Cara Menghilangkan Notifikasi System Update di MIUI - System Update atau pembaruan sistem adalah salah satu hal yang sering kali di lakukan para Developer atau bahkan pengguna Android untuk memperbaharui sistem atau ROM dari perangkat Android yang mereka gunakan.

Pembaruan Sistem yang dilakukan, biasanya tak menentu kapan. Hanya saja, terkadang banyak para pengguna Android lebih mempertimbangkan ingin melakukan Update atau tidak, biasanya hal ini di pengaruhi oleh ukuran Update yang cukup memakan banyak Quota, dan lain hal.

Seperti yang saya alami sebelumnya, ketika saya menggunakan ROM MIUI 9 pada Redmi 5A saya, saya sering kali mendapatkan Notifikasi Sistem Update ke MIUI 10. Berikut Notifikasinya


Jadi, saya sudah terlebih dahulu melakukan cara menghilangkan notifikasi pembaruan sistem miui dan berhasil. Posisinya, saya menggunakan ROM MIUI 9 dengan OS 7.1.2 (Nougat) dan ternyata saya mendapatkan update untuk MIUI 10 (awalnya) lalu saya hilangkan notifikasinya, dan saya ternyata masih mendapatkan Update lagi untuk MIUI 11.

Nah, tentunya notifikasi seperti ini sangat menggangu ya. Meskipun sudah di Force Close atau tutup paksa atau bahkan di restart dan di Data Resticition sekalipun, tetap saja akan muncul notifikasi seperti ini.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Apakah sulit? Tidak. Cara nya amat sangat mudah.

Persiapan
  • Menggunakan ROM MIUI (untuk Custom ROM belum dicoba)
  • Sudah ROOT (bebas, bisa lewat MAGISK atau SuperSU)
  • Menginstall Root Explorer (atau aplikasi sejenis yang mampu merubah file system)
  • Backup build.prop (jika dibutuhkan)

Jika diarasa persiapan nya sudah terpenuhi, kita langsung saja masuk ke poin pentingnya.

Pertama, buka Root Explorer atau Aplikasi sejenisnya dan arahkan ke /system/build.prop


Kedua, buka file build.prop dengan cara tap agak lama di build.prop kemudian pilih Open With


Ketiga, pilih aplikasi Text Editor untuk membuka / meng-edit file build.prop nya


Keempat, cari script ro.build.version.incremental pada build.prop kalian, dan ganti pada versi nya (lihat garis merah pada gambar dibawah)


Kelima, ganti versi nya sesuai dengan versi terbaru dari pembaruan sistem, contoh
  • Versi saat ini : V10.1.1.0.NCKMIFI
  • Versi pembaruan sistem : V11.0.2.0.OCKMIXM
Seperti ini :


Terakhir, pilih pada Save and Exit dan kemudian Reboot / Restart Devices kalian.


Nah, itu dia tutorial singat untuk Menghilangkan Notifikasi Pembaruan Sistem MIUI. Dengan cara ini, kalian tidak akan lagi terganggu dengan adanya notifikasi Update dari MIUI. Dan cara ini sudah saya coba dan berhasil di Devices Redmi 5A (Riva) milik saya. Selamat mencoba, dan Semoga bermanfaat. DO WITH YOUR OWN RISK!

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!

Comments